Setelah Anda mulai menulis dan membangun blog baru Anda..,
Dan blog Anda mulai mendapatkan trafik serta tanggapan dari audiens Anda, selanjutnya....
..,Anda mungkin baru melihat peluang yang ada dalam dunia blogging, dan begitu berharap bisa menjadi seperti blogger-blogger kawakan yang ada.
Meningkatkan Trafik dan Audiens Blog
Dan sekarang anda ingin sekali mengembangkan dan meningkatkan trafik serta audiens blog Anda.
Atau bahkan mungkin anda yang sudah lama berkecimpung didunia blogging namun belum mendapatkan audiens seperti yang Anda harapkan, dan Anda ingin mendapatkan lebih banyak pembaca/ audiens?
Jika IYA, baiklah ayo kita berusaha dan bekerja bersama.
Selama lebih dari setahun terakhir ini saya telah memulai dan menulis di blog belajar dan informasi Awambicara ID ini.
Seiring perkembangan waktu, saya mulai paham sedikit banyaknya mengenai dunia blogging.
Perlahan namun pasti saya pun mulai menerapkan apa yang telah saya pelajari dan pahami untuk mengembangkan, membangun serta meningkatkan trafik dan audiens blog belajar dan informasi: Awambicara ID ini.
Perlahan namun pasti saya pun mulai menerapkan apa yang telah saya pelajari dan pahami untuk mengembangkan, membangun serta meningkatkan trafik dan audiens blog belajar dan informasi: Awambicara ID ini.
Awalnya saya menulis tentang hukum, bagaimana cara berhadapan dengan hukum, memahami hukum di Indonesia serta memberikan informasi-informasi terkait dunia peradilan Indonesia.
Kemudian blog ini saya kembangkan, dengan mulai menulis beragam informasi dan menjadi media belajar seperti pembahasan menghadapi ujian, baik itu ujian sekolah, SBMPTN, maupun seleksi penerimaan Pegawai Negeri, Swasta dan BUMN, serta belajar bahasa Inggris.
Semua saya tulis dan publish di blog ini awalnya semata-mata adalah untuk berbagi, serta supaya menjadi wadah untuk belajar bersama.
Dan hasilnya, saya rasa banyak pengunjung yang kembali datang lagi ke blog awambicara ini.
Sebenarnya apa yang akan saya bahas ini sedikit bertentangan dengan judul yang saya buat.
Karena dari pengalaman saya, meningkatkan trafik blog itu tidak dapat dilakukan secara instan dan cepat.
Karena dari pengalaman saya, meningkatkan trafik blog itu tidak dapat dilakukan secara instan dan cepat.
Semua butuh proses, apalagi jika kita ingin bermain aman, yakni esuai dengan kebijakan dari google, terutama google search engine.
Jika kita tidak mau blog kita dibanned oleh google, yang oleh para blogger lebih dikenal dengan sandbox.
Dan jika sudah demikian, perlahan namun pasti blog kita akan tenggelam dan hilang dari mesin pencarian google.
Akibatnya, ya.., sudah pasti blog kita tidak akan pernah mendapatkan trafik organik dari search engine.
Akibatnya, ya.., sudah pasti blog kita tidak akan pernah mendapatkan trafik organik dari search engine.
Jadi, mengembangkan dan meningkatkan trafik pembaca Blog tidak bisa juga dikatakan dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.
Akan tetapi tidak juga bisa dikatakan sangat lambat.
Akan tetapi tidak juga bisa dikatakan sangat lambat.
Namun tepatnya kita dapat mengembangkan blog dalam waktu yang setidaknya sama seperti blogger-blogger yang telah sukses yang pernah ada.
Kunci utama untuk meningkatkan trafik dan mendatangkan Audiens atau pembaca blog dengan cepat adalah Konten.
Ah.., semua blogger pun tahu kalau konten adalah inti dari blog.
Iya.., Anda benar sekali, konten adalah rajanya.
Namun apakah Anda tahu, konten seperti apa yang bisa meningkatkan trafik dan mendatangkan audiens yang cukup tinggi?
Jawabannya adalah: Konten Berkualitas.
Pertanyaan yang timbul sekarang adalah, konten berkualitas itu, konten yang seperti apa?
Singkat saja, konten berkualitas itu adalah konten yang bermanfaat bagi pembaca/ audiens, yakni konten yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh audiens, yang dicarinya di search engine.
Google, yang dalam hal ini adalah perusahaan terbesar dunia yang fokus pada pencarian/ search engine pun sangat menekankan hal ini.
Yakni, mengenai konten yang relevan, berkualitas dan bermanfaat.
Konten yang relevan, berkualitas dan bermanfaat tentu saja akan sangat membantu blog Anda berkembang dengan cepat.
Namun, bagaimana jika konten yang kita bahas sudah pernah atau sudah banyak dibahas para blogger ataupun media-media online besar yang ada?
Memang tidak bisa kita pungkiri, blog yang telah memiliki reputasi sangat baik serta memiliki konten yang relevan, berkualitas dan bermanfaat sangat susah untuk kita saingi.
Apalagi media-media besar, sekelas detik, tribun, dan lain sebagainya, yang memiliki suntikan dana serta modal yang cukup besar untuk dihabiskan demi meningkatkan trafik dan mendapatkan audiens/ pembaca.
Namun, walaupun demikian, jangan berkecil hati.
Awalnya saya pun demikian, merasa pesimis, berkecil hati seperti itu.
Akan tetapi setelah saya mulai membuat dan menulis konten saya sendiri, yang awalnya saya tidak pernah berharap akan mendapatkan tanggapan yang cukup baik dari para pembaca blog saya seperti sekarang ini, ternyata mendapat tempat tersendiri dihati pembaca.
Dan setahun berlalu, blog ini telah berhasil menempati peringkat 190-an ribu alexa, dengan trafik diatas 8.000 UV.
Bagi saya dengan jumlah trafik segitu itu sangatlah luar biasa besar, walaupun mungkin bagi blogger-blogger lainnya trafik segitu masihlah kecil.
Bagi saya dengan jumlah trafik segitu itu sangatlah luar biasa besar, walaupun mungkin bagi blogger-blogger lainnya trafik segitu masihlah kecil.
Namun, walaupun hanya mendapatkan trafik 8.000 Unique Visitor setiap harinya, saya masih sangat bersyukur, karena bagi sebagian besar blogger lainnya, untuk mendapatkan trafik 500 UV saja masihlah terasa sangat susah.
Baiklah, tanpa harus berpanjang lebar lagi, saya akan memberikan semua yang menjadi pengalaman saya, untuk anda dalam meningkatkan trafik dan mengembangkan blog Anda.
Blogger itu Kreatif
Hal pertama yang saya pelajari dalam dunia blogging adalah bahwa untuk menjadi blogger yang berhasil, kita harus kreatif.
Mengapa demikian?
Karena, sebagaimana kita ketahui, saat ini semua informasi telah ada di internet.
Tidak percaya?
Coba saja untuk mencari apa saja di google search engine, maka anda akan dihadapkan pada hasil pencarian yang menampilkan konten yang relevan dengan apa yang Anda cari.
Coba saja untuk mencari apa saja di google search engine, maka anda akan dihadapkan pada hasil pencarian yang menampilkan konten yang relevan dengan apa yang Anda cari.
Jadi, bagaimana cara agar apa yang kita buat dan tulis masuk dalam halaman pertama hasil pencarian google?
Sedangkan apa-apa yang akan kita tulis telah banyak ditulis oleh blogger-blogger lainnya?
Sedangkan apa-apa yang akan kita tulis telah banyak ditulis oleh blogger-blogger lainnya?
Disinilah saya memahami bahwa untuk menjadi seorang blogger kita harus lebih kreatif, dari blogger-blogger lainnya.
Mungkin secara teori, Anda juga pasti memahaminya, tapi bagaimana dengan prakteknya?
Apakah kita bisa menjadi lebih kreatif dari blogger lainnya?
Apakah kita bisa menjadi lebih kreatif dari blogger lainnya?
Nah, untuk itu, disinilah saya akan memberikan contoh untuk Anda bagaimana menjadi seorang blogger yang kreatif.
Saya menulis bab belajar blog ini, bukan berarti saya adalah seorang yang pakar dalam dunia blogging, namun lebih kepada saya ingin berbagi dan belajar bersama.
Yang mana, dengan berbagi memberikan sesuatu yang bermanfaat adalah salah satu ciri konten yang berkualitas.
Saya menulis bab belajar blog ini karena banyak dari teman-teman media sosial saya, seperti google+, facebook dan sebagainya menanyakan, bagaimana saya bisa mendapatkan trafik yang lumayan banyak, serta kiat-kiat apa saja yang saya lakukan.
Saya menulis bab belajar blog ini karena banyak dari teman-teman media sosial saya, seperti google+, facebook dan sebagainya menanyakan, bagaimana saya bisa mendapatkan trafik yang lumayan banyak, serta kiat-kiat apa saja yang saya lakukan.
Jadi apa yang akan saya berikan ini telah sering saya berikan kepada teman-teman media sosial, sesama blogger saya.
Menjadi Blogger yang Kreatif
Untuk menjadi seorang blogger yang kreatif, pertama kita harus keluar dari apa yang selama ini kita pahami tentang blog.
Untuk sementara ini, saya harap Anda dapat melupakan terlebih duhulu mengenai teknis blogging, seperti tampilan blog, templates, SEO, dan lain sebagainya.
Cobalah untuk berfikir out of the box, berpikir diluar kotak.
Saya juga dulu seperti itu, banyak membaca pengalaman blogger-blogger lain di Internet tentang dunia blogging, teknis blogging, meningkatkan trafik blog, templates yang responsif, SEO friendly dan lain sebagainya.
Sehingga apa yang menjadi ide dan tujuan awal saya untuk ngeblog telah bercampur aduk dengan banyaknya ide-ide dan bermacam-macam tujuan serta keinginan yang akan saya tulis di blog saya.
Untuk itu, cobalah untuk FOKUS.
Kembangkanlah ide awal Anda dalam ngeblog.
Jangan terpengaruh dengan keberhasilan orang lain, jangan terpengaruh dengan studi-studi kasus yang dilakukan oleh blogger lain dalam meningkatkan trafik dan audiens blog mereka.
Tapi FOKUS lah pada apa yang menjadi ide awal Anda dalam ngeblog.
Kalaupun Anda ingin belajar tentang teknis blogging, cukuplah apa yang menjadi pengalaman orang lain, studi-studi kasus yang dibuat orang lain, menjadi bahan pembelajaran Anda dan untuk disimpan sampai dikemudian hari nanti pada saatnya akan Anda gunakan.
Dan jika nanti setelah Anda berhasil membesarkan blog Anda dari ide original Anda sendiri, barulah Anda beralih ke teknis-teknis blogging, beralih dengan membuat studi-studi kasus Anda sendiri serta mengembangkan pengalaman ngeblog Anda sendiri.
Bahkan dari pengalaman saya ini, Anda tidak harus mengikutinya secara detail, cukup pahami maksud dan inti dari tulisan saya ini.
Kemudian, kembangkan di ide awal dan orisinil Anda.
Kemudian, kembangkan di ide awal dan orisinil Anda.
Jika sudah demikian, maka untuk menjadi seorang blogger yang kreatif akan sangat mudah untuk Anda lakukan.
Saya contohkan:
Seperti yang saya katakan tadi, saya belajar ngeblog dengan membaca disana-sini, dan akhirnya ide orisinil saya sendiri berkembang ke segala penjuru arah.
Hingga pada akhirnya membuat saya bisa dibilang hilang arah dan "tersesat".
Hingga pada akhirnya membuat saya bisa dibilang hilang arah dan "tersesat".
Saya sampai membuat dan mendaftarkan lebih dari 3 blog, yang pada akhirnya kesemua blog saya tadi tidak ada yang keurus.
Lalu kemudian, saya fokus pada satu blog.
Mengapa saya bisa kembali fokus pada satu blog ini sebenarnya bisa dikatakan karena ketidaksengajaan.
Lalu kemudian, saya fokus pada satu blog.
Mengapa saya bisa kembali fokus pada satu blog ini sebenarnya bisa dikatakan karena ketidaksengajaan.
Jadi.., ceritanya saya memiliki satu blog wisata. Saat itu jika tidak salah sekitar bulan September-Oktober 2017.
Saya kepikiran untuk membuat serangkaian daftar artikel atau konten yang membahas tentang Tahun Baru.
Saya coba untuk search di google search engine, dan hasilnya adalah diperingkat pertama google yang muncul adalah konten-konten dari media-media besar seperti detik, kompas, liputan6, tribunnews dan sebagainya.
Dan itupun adalah konten-konten lama, yang membahas tentang Tahun Baru 2017.
Dari sini, kemudian terpikirkan oleh saya untuk membuat daftar konten tentang Tahun Baru 2018, yang membahas semua hal tentang acara tahun baru.
Mulai dari kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan pada saat tahun baru, promo-promo yang diberikan oleh hotel, cafe atau tempat hiburan yang menyelenggarakan tahun baru.
Hingga pada tema kegiatan acara tahun baru yang diselenggarakan dihotel, cafe dan tempat-tempat hiburan.
Sampai disini, mungkin ada sebagian dari Anda yang sudah mulai memahami apa yang akan saya sampaikan.
Yakni tentang dari mana saya mendapatkan bahan konten tentang tahun baru yang akan saya buat.
Yakni tentang dari mana saya mendapatkan bahan konten tentang tahun baru yang akan saya buat.
Nah, jika pada titik ini Anda memiliki gambaran dari mana saya mendapatkan bahan untuk konten tahun baru saya, berarti Anda sudah termasuk blogger yang kreatif.
Iya, Anda kreatif.
Namun, untuk Anda yang belum dapat memahaminya, akan saya jelaskan:
Saya mendapatkan bahan untuk konten dengan tema Tahun Baru 2018 yang lalu adalah dengan cara, saya hubungi hotel-hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang setiap tahunnya biasa mengadakan acara perayaan malam tahun baru via email, whatsapp, telpon dan sebagainya.
Saya mendapatkan bahan untuk konten dengan tema Tahun Baru 2018 yang lalu adalah dengan cara, saya hubungi hotel-hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang setiap tahunnya biasa mengadakan acara perayaan malam tahun baru via email, whatsapp, telpon dan sebagainya.
Saya tanyakan kepada mereka apakah mereka punya acara khusus dalam menyambut tahun baru 2018 nanti?
Saya tanyakan juga, apakah saya bisa mendapatkan brosur, atau mendapatkan bahan acara yang akan mereka buat, tema acara mereka, tamu atau artis yang mereka undang, doorprize dan diskon-diskon khusus yang mereka berikan, dan lain sebagainya.
Saya jelaskan juga pada mereka bahwa, saya ingin membuat konten tentang tahun baru 2018 diblog wisata saya, dan juga membuat konten acara tahun baru 2018 yang akan mereka adakan.
Bagaimana? Apakah pada titik ini, Anda sudah paham maksud saya?
Mengenai bagaimana menjadi blogger yang kreatif?
Mengenai bagaimana menjadi blogger yang kreatif?
Dan tahukah Anda apa yang saya dapatkan? Bagaimana tanggapan mereka?
Ternyata, lebih dari setengah hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang saya hubungi membalas email, whatsapp saya.
Mereka berikan semua yang saya minta.
Lengkap dengan media pendukungnya, seperti foto, dan sebagainya.
Lengkap dengan media pendukungnya, seperti foto, dan sebagainya.
Dan ini menjadi keuntungan lain yang saya dapatkan, yakni saya mendapatkan foto orisinil tanpa takut terkena klaim hak cipta.
Mereka bahkan meminta untuk mengirimkan link konten yang telah saya buat mengenai acara tahun baru ditempat mereka via email.
Dan hal ini saya lakukan di hampir semua hotel, cafe, tempat-tempat hiburan diberbagai kota besar di Indonesia.
Dan hal ini saya lakukan di hampir semua hotel, cafe, tempat-tempat hiburan diberbagai kota besar di Indonesia.
Anda tahu apa yang saya hasilkan?
Blog saya adalah blog pertama yang membahas tentang itu, tentang Tahun Baru 2018 secara lengkap.
Dan seperti perkiraan Anda, blog saya mengalahkan media-media besar semacan detik, tribunnews, liputan6, kompas dan lain sebagainya.
Saat itu, kata kunci "Tema Tahun Baru 2018", "Tahun Baru 2018", "Acara Tahun Baru 2018 di Palembang", dan masih banyak lagi yang lainnya, blog saya bertengger di halaman pertama google.
Bahkan cukup lama berada dipuncak hasil pencarian google search engine, dengan kata-kata kunci tersebut.
Selang berapa lama kemudian, ketika saya melihat laporan google webmaster saya..,
.., saya mendapatkan banyak sekali backlink-backlink berkualitas dari situs-situs hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang saya bahas di blog saya.
Selang berapa lama kemudian, ketika saya melihat laporan google webmaster saya..,
.., saya mendapatkan banyak sekali backlink-backlink berkualitas dari situs-situs hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang saya bahas di blog saya.
Jika saja saya melilhat ini dari sisi materi, tentu saya tidak akan mau mempromosikan hotel, cafe atau tempat-tempat hiburan di blog saya secara gratis bukan?
Tapi sekali lagi saya katakan, saya memang membahas mereka secara gratis, tanpa dibayar, namun walaupun demikian saya mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:
- Backlink berkualitas, gratis.
- Trafik
- Reputasi blog
Dari pengalaman saya tadi, tentu Anda sudah mulai paham bukan, bagaimana untuk menjadi blogger yang kreatif?
Itu adalah salah satu contoh kecil yang bisa Anda dan saya ambil pelajaran darinya.
Serta tentu saja, hal ini dapat kita terapkan diberbagai macam niche blog yang kita bahas.
Sebagaimana telah saya terapkan di blog Awambicara dan blog-blog saya yang lainnya.
Konten Unik dan Bermanfaat
Seorang blogger yang kreatif itu sudah menjadi suatu keharusan (menurut saya). Karena jika kita kreatif, maka membuat sebuah konten yang orosinil itu akan terasa mudah dan lancar.
Karena, kita tahu bahwa Konten adalah hal yang utama dari sebuah blog.
Dan konten yang asli serta original adalah sebuah syarat mutlak jika kita ingin blog kita mendapatkan banyak trafik serta memiliki audiens yang setia.
Selain konten yang asli atau original buatan kita sendiri, selanjutnya adalah kita harus membuat dan menulis konten yang unik serta berbeda dari yang lainnya.
Walaupun apa yang akan Anda bahas telah dibahas oleh blog ataupun media besar lainnya, tetaplah tulis konten tersebut sesuai dengan apa yang Anda alami dan hadapi.
Artinya, tulislah berdasarkan pengalaman dan gaya penulisan Anda sendiri.
Pastinya tidak akan sama (unik) dan berbeda dengan yang ada di blog atau media lainnya.
Jika Anda merasa Anda kurang mampu untuk membuat konten Anda menjadi unik dan berbeda, serta merasa kurang mampu menyaingi konten blog lainnya, yang Anda lakukan selanjutnya adalah "banyak membaca".
Ikuti dan baca konten dari blog-blog lain yang membahas hal yang sama dengan apa yang ingin Anda tulis.
Kemudian, tulis konten Anda sendiri, dengan menerapkan apa yang anda ketahui dari membaca blog-blog lain, dan mengkombinasikannya dengan pengalaman Anda sendiri.
Pada dasarnya informasi apapun telah banyak di bahas dan banyak tersebar di internet.
Yang membedakannya cuma satu, yakni pengalaman yang membuat konten.
Walaupun konten yang dibahas itu sama, namun pengalaman si pembuat konten tentu tidak akan sama, karena itu sudah pasti yang dihasilkanpun akan unik dan berbeda.
Dari apa yang telah saya bahas diatas, saya dapat menyimpulkan satu hal, yakni:
"Blogger yang hanya bisa COPAS, selamanya tidak akan pernah menjadi blogger yang kreatif"
Walaupun konten yang dibahas itu sama, namun pengalaman si pembuat konten tentu tidak akan sama, karena itu sudah pasti yang dihasilkanpun akan unik dan berbeda.
Dari apa yang telah saya bahas diatas, saya dapat menyimpulkan satu hal, yakni:
"Blogger yang hanya bisa COPAS, selamanya tidak akan pernah menjadi blogger yang kreatif"
Berikut ini adalah bagaimana cara membuat konten yang unik dan bermanfaat:
1. Menjadi Seorang Blogger yang Berguna dan Dikenal Pembaca
Satu hal yang ingin saya jelaskan disini.
Dikenal atau terkenal bukanlah tujuan utamanya disini, namun lebih kepada berguna atau bermanfaat.
Jika apa yang anda berikan itu berguna dan bermanfaat bagi para pembaca, maka dengan sendirinya anda akan dikenal, yang bergaris lurus dengan kesuksesan dan keberhasilan Anda.
Artinya, jika anda bermanfaat, maka anda pasti sukses.
Jadi kuncinya lupakan dulu untuk menjadi blogger dikenal atau terkenal, tapi jadilah blogger yang berguna dengan menghasilkan konten yang bermanfaat.
2. Melibatkan Pembaca Blog/ Berinteraksi dengan Audiens
Percayalah, Anda akan menjadi cepat bosan dan patah semangat untuk menulis, jika para pembaca tidak memperhatikan Anda.
Untuk yang satu ini, percayalah saya sudah pernah mengalaminya.
Bisa Anda lihat diblog awambicara ini, tidak banyak komentar yang saya terima, namun perlahan-lahan blog ini mulai mendapat tanggapan.
Ketika banyak tanggapan dan komen yang masuk, maka semangat ngeblog saya semakin menggebu-gebu, dan menjadi semacam pemicu semangat saya.
Bisa Anda lihat diblog awambicara ini, tidak banyak komentar yang saya terima, namun perlahan-lahan blog ini mulai mendapat tanggapan.
Ketika banyak tanggapan dan komen yang masuk, maka semangat ngeblog saya semakin menggebu-gebu, dan menjadi semacam pemicu semangat saya.
Saya percaya.., Anda bukanlah orang yang mudah menyerah, tetapi yakinlah bahwa ada beberapa dari Anda akan mulai bosan dan meninggalkan blog Anda ketika Anda tidak melihat kemajuan apa pun di blog Anda.
Dan pada akhirnya, Anda tidak lagi menjadwalkan waktu Anda untuk menghasilkan tulisan atau konten diblog Anda.
Jadi, apakah yang dapat menjadikan blog Anda istimewa dan berbeda dengan blog-blog lainnya?
3. Menjadi Kreatif, Cerdik dan Selangkah di Depan
Masih menurut saya (berdasarkan pengalaman saya), seorang blogger itu harus kreatif, seperti yang telah saya jelaskan di atas.
Kreatifitas wajib dimiliki seseorang yang ingin terjun kedunia blogging.
Sebenarnya kreatifitas tidak hanya untuk dunia blogging saja, tapi juga hampir disemua bidang usaha.
Baik itu sebagai wirausaha, atau pengusaha, terlebih-lebih lagi jika Anda ingin menjadi Youtuber dan memiliki VLOG.
Dengan kretifitas yang tinggi, maka Anda akan menghasilkan sebuah produk (konten) yang unik, orisinal dan bermanfaat.
Sebenarnya kreatifitas tidak hanya untuk dunia blogging saja, tapi juga hampir disemua bidang usaha.
Baik itu sebagai wirausaha, atau pengusaha, terlebih-lebih lagi jika Anda ingin menjadi Youtuber dan memiliki VLOG.
Dengan kretifitas yang tinggi, maka Anda akan menghasilkan sebuah produk (konten) yang unik, orisinal dan bermanfaat.
Menjadi seorang blogger bukan hanya sekedar menjadi penulis saja, namun juga harus memiliki banyak pengetahuan dibidang blogging.
Keterampilan menulis yang baik dan menarik memang penting dalam dunia blogging, namun percayalah, keterampilan menulis itu bukan segalanya.
Seorang yang bukan penulis professional juga bisa menjadi seorang blogger professional, karena inti dasar dari blogging adalah memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca atau audiens.
Bahkan, teknik penulisan yang sederhana dengan menggunakan bahasa sehari-hari dan mudah dipahami lebih menarik bagi seorang pembaca, yang penting informasi yang kita sampaikan benar-benar memberikan manfaat dan menjadi solusi bagi permasalah yang dihadapi oleh audiens blog kita.
Karena pada dasarnya blogging itu adalah memberikan sesuatu hal yang bermanfaat, bukan untuk menjadi penulis professional yang menghasilkan karya tulis berupa novel dan sebagainya.
Seorang blogger selain dituntut untuk kreatif, juga dituntut untuk berpikiran jauh kedepan, dituntut untuk menjadi seorang trendsetter.
Blogger yang kreatif adalah blogger yang bisa memanfaatkan apa saja yang dilihat, dialami dan ditemukan disekelilingnya untuk memajukan dan mengembangkan blognya.
Ia mampu melihat peluang yang ada, yang artinya ia mampu melihat jauh kedepan, mampu melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.
Dapat melihat jauh kedepan, berada selangkah didepan dalam informasi tentang apapun yang bisa dimanfaatkan dan memberikan manfaat bagi orang lain/ audiens.
Berada satu langkah didepan bukan berarti haruslah seorang yang jenius, memiliki pengetahuan yang luas, namun seorang Blogger yang berpikiran jauh kedepan adalah seorang blogger yang cerdik, dan banyak akal.
Cerdik dan banyak akal bukanlah dalam hal yang negatif, seperti mencuri ide dan kreatifitas orang lain, seperti COPAS artikel orang tanpa izin, tapi cerdik dan banyak akal disini adalah dalam membuat sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.
Contohnya adalah seperti yang telah saya yakni mengenai pembahasan saya tentang tahun baru di blog wisata saya diatas.
Contohnya adalah seperti yang telah saya yakni mengenai pembahasan saya tentang tahun baru di blog wisata saya diatas.
Dan untuk menjadi blogger yang cerdik dan banyak akal, saya akan memberikan contoh lain, dan tentu saja masih berdasarkan pengalaman saya sendiri;
Sebagai contoh: Saya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Instansi Pengadilan Negeri dibawah Mahkamah Agung RI. Saya sering mendapati bahwa masyarakat kebingungan dalam mendapatkan informasi tentang bagaimana cara mendaftarkan perkara, bagaimana cara menjadi saksi, bagaimana cara menggugat, dan sebagainya.
Dan untuk itu, disinilah saya melihat peluang, akal saya mengatakan bahwa saya harus memanfaatkan ini. Tujuannya tidak lain, dan tidak bukan adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang berperkara di pengadilan, itu saja.
Untuk itu jadilah blogger yang kreatif, cerdik dan selangkah didepan.
Kita sudah sangat paham bahwa konten yang berkualitas adalah segalanya.
Dan untuk menghasilkan konten yang berkualitas kita harus menjadi seorang blogger yang lebih kreatif, cerdik dan selangkah didepan.
Namun, semua itu tidak akan banyak mendukung juga jika kita tidak memahami bagaimana cara memikat pembaca untuk melihat dan mengunjungi blog kita.
Dan pada tahapan ini, sudah saatnya Anda membuka dan mengingat kembali pelajaran yang telah Anda dapatkan mengenai teknis blogging, tampilan atau templates blog yang responsif, serta mengenai SEO.
Untuk membuat sebuah konten atau postingan yang efektif memikat pembaca itu adalah salah satu teknik SEO, dan bagaimana Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca anda bisa menuju link ini.
Belajar SEO
Setelah sebelumnya saya meminta Anda untuk melupakan sejenak tentang tampilan blog dan SEO, kini saatnya Anda mulai membuka kembali apa-apa yang Anda ketahui tentang SEO.
Sedangkan untuk Anda yang belum memahami apa itu SEO, anda bisa berselancar di internet dengan kata kunci apa itu SEO.
Namun sebagai pemahaman awal Anda, SEO dapat dikatakan sebagai bagaimana cara agar blog atau situs kita dapat dioptimisasi agar bisa mendapatkan ranking terbaik dalam hasil pencarian mesin telurus.
Pemilik situs web, atau siapapun yang memiliki blog, impiannya adalah memiliki trafik yang tinggi dan membangun pemirsa atau pembaca.
Menarik jutaan hingga miliaran audiens yang ada diluar sana dengan melihat kata-kata kunci yang menjadi patokan mereka dalam mencari informasi yang ada di internet.
Apalagi pembaca yang selalu ikut terlibat dan meninggalkan komentar, berbagi konten yang dipublikasikan dimedia-media sosial mereka, dan secara teratur kembali ke situs atau blog kita.
Serta dengan senang hati mendukung atau merekomendasikan situs tersebut kepada pengguna lain di web.
Kombinasi tindakan tersebut diatas akan memperkuat keterlihatan blog kita bagi search engine, dan meningkatkan visabilitas SEO blog Anda.
Banyak blogger yang kesulitan ketika harus membangun traffic blog mereka, walaupun terkadang mereka merasa telah menghasilkan sebuah konten yang berkualitas.
Untuk itu, seorang blogger harus mengetahui apa itu SEO.
Walaupun SEO bukanlah sebuah ilmu yang pasti, karena banyak faktor yang menentukan peringkat sebuah blog dalam hasil pencarian google.
Setidaknya, seorang blogger harus mengetahui dasar-dasar dari SEO itu sendiri.
Menulis sesuai dengan gaya bahasa nya sendiri, tanpa harus melupakan SEO.
Lihat di:
Konten yang kita buat dan publish di blog kita itu selain dibaca oleh pemirsa/ audiens, juga dibaca oleh mesin.
Dan disinilah SEO itu berperan, yakni tentang bagaimana cara membuat konten dan blog kita mudah dibaca mesin.
Namun ingat, karena disini adalah untuk dibaca mesin, bukan berarti kita belajar memanipulasi mesin tersebut. Kerena jika kita melakukan hal yang demikian, memang dalam waktu singkat kita akan berada dipuncak hasil mesin penelusuran, namun percayalah hal itu tidak akan bertahan lama.
Bahkan bukan hal yang mustahil, pada saatnya nanti blog kita akan terkena pinalti dari mesin telusur, atau yang lebih dikenal dengan sandbox.
Bagaimana sebuah teknik SEO itu berperan dalam meningkatkan ranking blog kita dapat Anda pelajari dari link yang telah saya berikan diatas.
Mendapatkan dan Meningkatkan Trafik
Jika semua tahapan diatas telah Anda lakukan, keinginan dan harapan Anda untuk mendapatkan dan meningkatkan trafik blog Anda bukan lagi sebuah hal yang mustahil.
Yakinlah, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.
Apa yang Anda hasilkan adalah apa yang telah Anda usahakan.
Anda memetik apa yang Anda tanam. Jika baik yang Anda tanam/ lakukan, maka hasilnya pun pasti akan baik.
Namun sebaliknya, jika apa yang Anda lakukan itu tidak baik atau berbuat curang, maka tunggulah saatnya Anda akan mendapatkan hasil yang buruk dari usaha buruk Anda.
Mendapatkan trafik blog tidak dapat dilakukan secara instan, pun juga untuk meningkatkan trafik.
Yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan trafik blog tanpa harus bersusah payah belajar tentang bagaimana menghasilkan konten yang berkualitas serta teknik SEO yang baik, adalah dengan cara memasang iklan, baik itu melalui iklan di media sosial, maupun di google adword.
Saatnya Anda mulai fokus, lupakan tentang semua praktik buruk dalam blogging, tinggalkan praktik-praktik buruk tersebut, jika Anda ingin dan mampu bertahan di dunia blogging.
SEBELUMNYA: MEMBUAT BLOG CUSTOM DOMAIN DI BLOGGER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar